Selasa, 13 Oktober 2009

Materi RPL Terapan

Review Materi RPL

.1. Rekayasa Perangkat Lunak

==Definisi
Rekayasa Perangkat Lunak adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh aspek produksi Perangkat Lunak atau mengadopsi pendekatan yang sistematis dan terorganisir terhadap pekerjaannya dan menggunakan tool yang sesuai serta teknik yang ditentukan berdasarkan masalah yang akan dipecahkan, kendala pengembangan dan sumber daya yang tersedia
Di bawah ini beberapa definisi dari rekayasa Perangkat Lunak:
1. Ian Sommervile
Berkaitan dengan teori, metode dan tools yang diperlukan dalam pengembangkan perangkat lunak untuk komputer.
2. Fritz Bauer
Penetapan dan penggunaan prisip-prinsip rekayasa yang tangguh/teruji dalam upaya memperoleh perangkat lunak secara ekonomis, handal dan bekerja efisien di mesin nyata.
3. Mynatt
Secara sederhana menyatakan sebagai pendekatan sistematis untuk menciptakan
dan pemilikan perangkat lunak
4. IEEE
Pendekatan sistematis untuk pengembangan, operasi, pemeliharaan dan
pemberhentian pemakaian perangkat lunak.
5. Roger S Pressman
a) pendekatan yang sistematis, berdisiPerangkat Lunakin dan dapat dikuantifikasi untuk dikuantifikasi untuk pengembangan, pengoperasian, dan pemeliharaan perangkat lunak, yaitu penerapan rekayasa terhadap perangkat lunak.
b) Studi terhadap pendekatan a).

== Elemen Kunci
Rekaysa perangkat lunak terdiri dari 3 elemen kunci, yaitu :
1. Metode,
Metode software engineering memberikan tehnik-tehnik bagaimana membentuk
software. Metode ini terdiri dari serangkaian tugas :
 Perencanaan & estimasi proyek
 Analisis kebutuhan sistem dan software
 Desain struktur data
 Arsitektur program dan prosedur algoritma
 Coding
 Testing dan pemeliharaan
2. Peralatan (tools),
Peralatan software engineering memberikan dukungan atau semiautomasi untuk
metode. Contohnya :
 CASE (Case Aided Software Engineering), yaitu suatu software yang
menggabungkan software, hardware, dan database software engineering untuk
menghasilkan suatu lingkungan software engineering.
 Database Software Engineering, adalah sebuah struktur data yang berisi informasi
penting tentang analisis, desain, kode dan testing.
 Analogi dengan CASE pada hardware adalah : CAD, CAM, CAE
3. Prosedur,
Terdiri dari :
 urut-urutan di mana metode tersebut diterapkan
 dokumen
 laporan-laporan
 formulir-formulir yang diperlukan
 mengontrol kualitas software
 mengkoordinasi perubahan yang terjadi pada software

==Aktivitas Pengembangan
Secara umum akivitas pengembangan perangkat lunak terdiri dari :
1. Requiment analysis and definition
2. System Design
3. Program Design
4. Write The Program
5. Unit Testing
6. Integration Testing
7. System Testing
8. System Delivery
Ke delapan aktivitas tersebut disebut Software Development Process.

Untuk menjalankan aktivitas secara ideal dibutuhkan suatu team yang terdiri dari :
1. Analyst
2. Designer
3. Programmer
4. Tester
5. Trainer

==Paradigma Perangkat Lunak
Paradigma merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk pengembangan
perangkat lunak, ada beberapa paradigma yang bisa digunakan yaitu; paradigma
terstruktur, paradigma objek oriented, paradigma formal dan paradigma lainnya
1. Konvensional
Paradigma terstruktur merupakan pendekatan yang menfokuskan pada proses
pembentukan prosedur atau algoritma sebagai pembentuk perangkat lunak, jadi
paradigma mengatur bagaimana Perangkat Lunak dibentuk.
Secara global tahapan pengembangan Perangkat Lunak menggunakan paradigma
terstuktur adalah sebagai berikut :
A. Analisis kebutuhan
B. Analisis domain masalah
C. Perancangan
D. Pemrogramman
E. Pengujian
Sesuai dengan definisi bahwa paradigma tidak melakukan pengelolaan bagaimana
tahapan tersebut dilaksanakan namun hanya sebata pada bagaimana Perangkat
Lunakitu dibentuk.

2. Berorientasi Objek
3. Metode Formal
4. CBSE
5. The 4th Generation Technique Paradigm

1 komentar:

  1. kalo waterfall,prototyping,spiral itu termasuk paradigma RPL juga ga??
    mohon bantuan ya..

    tolong kirim k email saya ya jawabannya:
    qmex_cool@yahoo.com

    mksh sblmnya,,

    BalasHapus